Rabu, 20 Desember 2017

Pentingnya Kasih Sayang, Bertanya Dan Mengatur Keuangan


 _______________________________________________________

Sumber Kajian: Kitab Nashoihul 'Ibad

Karya: Syekh Muhammad Nawawi Al-Banteniy




Dari Umar bin Khothob r.a., katanya:

حُسْنُ التَّوَدُّدِ إِلَى النَّاسِ نِصْفُ الْعَقْلِ وَحُسْنُ السُّؤَالِ نِصْفُ الْعِلْمِ وَحُسْنُ التَّدْبِيْرِ نِصْفُ الْمَعِيْشَةِ

"Kebaikan kasih sayang kepada sesama manusia itu setengah akal, kebaikan pertanyaan itu setengah ilmu, dan kebaikan pengaturan (kemampuan memenej) itu setengah penghidupan "

a. Kebaikan kasih sayang ini sesuai dengan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, at-Thabraniy dan al-Baihaqiy, bersumber dari Jabir bin Abdullah, bahwa Rosululloh SAW pernah bersabda, "Bersikap ramah terhadap sesama manusia merupakan shodaqoh".
Ramah tamah dapat berbentuk ucapan dan tindakan. Semuanya dapat mendatangkan pahala bagi pelakunya seperti halnya pahala shodaqoh. Diantara contoh keramahan Rosululloh SAW adalah bahwa beliau tidak pernah mencela makanan yang dihidangkan, menghardik pembantu, dan tidak pernah bersikap kasar apalagi memukul seorang wanita (isteri, anak).

b. Kebaikan dari bertanya kepada para ulama merupakan setengah ilmu, karena dengan pertanyaan itu maka seseorang akan memperoleh ilmu secara sempurna.
    

c. Kebaikan dari pengaturan segala urusan, yakni menjalankan segala urusan dengan mempertimbangkan untung ruginya dan akibat-akibat yang bakal muncul merupakan separoh dari usaha seseorang untuk kelangsungan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teks Berbahasa Jawa Bacaan TALQIN Untuk Mayit

بسمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. لآاله الاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ ...