Selasa, 19 Desember 2017

Syahwat Membuat Raja Jadi Budak Dan Sabar Membuat Budak jadi Raja



_______________________________________________________

Sumber Kajian: Kitab Nashoihul 'Ibad
Karya: Syekh Muhammad Nawawi Al-Banteniy




إِنَّ الشَّهْوَةَ تُصَيِّرُ الْمُلُوْكَ عَبِيْدًا, وَالصَّبْرُ يُصَيِّرُ الْعَبِيْدَ مُلُوْكًا. اَلاَ تَرَى إِلَى يُوْسُفَ وُزُلَيْخَاءَ

"Sungguh, syahwat dapat merubah raja menjadi budak, dan sabar dapat merubah budak menjadi raja. Bukanlah Anda telah menyaksikan nasib Nabi Yusuf dan siti Zulaikho'?"

Yang dimaksud dengan Syahwat adalah dorongan keinginan dan kesenangan. Siapa saja yang mencintai sesuatu, di saat itulah ia telah menjadi budak sesuatu yang dicintainya itu.

Sedangkan yang dimaksud dengan sabar  adalah ketabahan. Dengan kesabaran dan ketabahannya, seseorang dapat meraih cita-cita dan maksud tujuannya.

Dalam kisahnya, Zulaikho' saat itu menjadi permaisuri seorang raja di Mesir. Dia sangat mencintai Nabi Yusuf. Namun dengan penuh kesabaran dan ketabahan, Nabi Yusuf mampu menghadapi berbagai bujuk rayu, ajakan dan tipu daya Zulaikho', sehingga pada akhirnya si budak Yusuf itu menjadi Raja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teks Berbahasa Jawa Bacaan TALQIN Untuk Mayit

بسمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. لآاله الاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ ...