Selasa, 19 Desember 2017

Sikap Jinak Kepada Alloh



_______________________________________________________

Sumber Kajian: Kitab Nashoihul 'Ibad
Karya: Syekh Muhammad Nawawi Al-Banteniy




إِذَا أَرَدْتَ اَنْ تَسْتَأْنِسَ بِاللهِ فَاسْتَوْحِشْ مِنْ نَفْسِهِ

"Jika kamu ingin bersikap ramah/ jinak kepada Alloh, maka hendaklah enggan terhadap dirimu sendiri"

Maksudnya, jika hatimu ingin merasa tenang bersama Alloh dan tidak ingin lari dari-Nya, hendaklah kamu putuskan kecintaanmu kepada dirimu sendiri.


Kisah Teladan

Setelah Asy-Syibli wafat, seseorang pernah mimpi bertemu dengannya dan menanyakan tentang nasibnya di alam barzakh.

Dijelaskan oleh Asy-Syibli, bahwa Alloh pernah bertanya kepadanya, "Wahai Abu Bakar, tahukah kamu¸ kenapa Aku mengampunimu?". Lantas aku jawab, "Itu semua karena amal sholihku". "Bukan karena itu!", kata Alloh. Aku jawab, "Karena keikhlasan ibadahku". "Tidak juga", kata Alloh. Aku jawab lagi, "Karena ibadah hajiku, puasaku dan sholatku". "Tidak juga", kata Alloh. Aku jawab sekali lagi, "Karena aku suka mendatangi kaum sholihin dan mencari ilmu". "Bukan itu",  kata Alloh. Lantas aku balik bertanya, "Ya Alloh, Tuhanku, sebab apa aku dapat ampunan-Mu?". Kemudian Alloh menjelaskan, "Ingatkah kamu sewaktu berjalan menelusuri kota Baghdad, kamu jumpai seekor kucing kecil yang menggigil kedinginan. Dengan sikap kasih sayangmu kepadanya, kuncing itu lantas kamu ambil dan kamu selamatkan didalam jubah tebalmu". Aku pun kemudian membenarkan tindakanku itu. Alloh kemudian berfirman "Sikap kasih sayangmu kepada kuncing kecil itulah yang menyebabkan Aku berkasih sayang kepadamu".


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teks Berbahasa Jawa Bacaan TALQIN Untuk Mayit

بسمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. لآاله الاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ ...