Senin, 28 Mei 2018

Merawat Orang Yang Sedang Naza' (Sakaratul Maut)



Ada beberapa hal yang sunnah dilakukan terhadap orang yang sedang naza’ (Menghadapi Sakarotul Maut) : 
1.  Mengajarkan dan mendorongnya untuk berbaik sangka (ber-husnuzhon) kepada Alloh
2. Menghadapkan wajah ke arah kiblat.
Muhtadhor sebaiknya dihadapkan ke arah kiblat. Hikmahnya adalah agar seseorang selama hidup dan matinya selalu dalam keadaan menghadap ke kiblat.
Ada beberapa cara menghadapkan orang yang naza’ ke arah kiblat. Diantaranya :
a. Dibaringkan pada lambung kanannya dan wajah menghadap ke kiblat. Dalam hal ini, posisi kepala di utara dan kaki di selatan.
b. Dibaringkan pada lambung kirinya dan wajah menghadap ke kiblat. Dalam hal ini, posisi kepala di selatan dan kaki di utara..
c. Dibaringkan dengan cara terlentang membujur ke timur dan wajah menghadap ke arah kiblat. Dalam hal ini posisi kepala di timur dengan diberi alas bantal, dan telapak kaki di barat.
3. Wanita haidh dan orang-orang yang berhadas besar sebaiknya tidak mendekat.
4.  Meneteskan air pada kerongkongannya. Terutama jika ada tanda-tanda dia meminta minum, karena akibat dari panasnya naza’ menyebabkannya merasa kehausan.
5. Membacakan ayat Al-Qur’an, terutama Surat Yasin (hikmahnya: agar ruh keluar dalam keadaan segar), dan dibacakan Surat Ar-Ra’du (hikmahnya: ruh keluar dengan mudah).
6. Menuntun (mentalqin) membaca Kalimat Tauhid  لَا إِلَهَ أِلَّا اللَّه”. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teks Berbahasa Jawa Bacaan TALQIN Untuk Mayit

بسمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. لآاله الاّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ ...